07
Nov
07

Album Review: Maximo Park – Our Earthly Pleasures

maximo-park-our-earthly-pleasures.jpg

Maximo Park
Our Earthly Pleasures
Warp – 2007


Dari ketiga pionir gerakan “The new Britpop” (itu jika kalian mau menamakannya seperti itu), mungkin Maximo Park menempatkan dirinya di posisi yang paling unik dan berbeda. Kaiser Chiefs akan selalu menjadi band di kelompok itu yang menampilkan sisi komersil paling besar. Mereka tidak malu untuk itu, dan terus terang mereka berjuang untuk hal itu. Bloc Party akan selalu mendapatkan tempat di hati mereka pemuja musik yang lebih imajinatif dan cerdas. Sedangkan Maximo Park? Mereka seperti hilang di tengah-tengah kedua band tersebut.

Lirik dan penampilan vokalis mereka Paul Smith dengan segala ke-“dandy”-annya dan wujud pembawaan yang terkesan sangat “Wilde”-esk seperti selalu membawa kebingungan di tengah para pendengarnya. Sedangkan di lain sisi, petikan gitar Duncan Lloyd yang terkadang mengingatkan kita pada seorang legenda hidup bernama Johnny Marr begitu menggoda, membuat kita selalu yakin ada sesuatu yang lain tentang band asal Newcastle ini. Dan satu hal yang pasti, mereka selalu dapat menyampaikan pesan artistik mereka dalam setiap sampul album dan single yang mereka rilis.

Adalah lagu – lagu seperti “Postcard Of A Painting”, “The Coast Is Always Changing” dan “Kiss You Better” yang membuat kita selalu teringat akan kegemilangan Maximo Park di tahun 2005. Di album baru mereka ini, yang diberi judul sangat menggoda “Our Earthly Pleasures”, dan sekali lagi dengan sampul depan yang brilian, kita kembali ingin diberikan harapan, untuk membela mereka di posisi “underdog” mereka, di tengah-tengah persaingan band-band lain yang melintasi universum musik kita.

Setidaknya untuk urusan mengantarkan kembali trik – trik gitar yang berwarna “Marr”-esk, mereka kembali berhasil dalam single kedua yang mereka rilis dari album itu “Books From Boxes”. Dimulai dengan petikan manis menggoda, Smith kemudian bernyanyi “We can beat the sun as long as we keep moving”, seakan ia tahu hal itu tidak akan pernah terjadi, tetapi untuk apapun alasannya, hal itu adalah sesuatu yang patut untuk dipertaruhkan. Untuk lagu seperti ini, Maximo Park hadir di hidup kita.

Mundur sejenak ke awal album tersebut, “Girls Who Play Guitars” memberikan warna awal bagaimana album ini akan dilukis, ritem gitar yang menderteminasi ditambah suara synth/keyboard Lukas Wooler di latar belakang, mendefinisikan musik Maximo Park seperti yang kita tahu. Single pertama mereka “Our Velocity” dimulai dengan suasana yang tidak pada tempatnya, seperti terlalu dapat diprediksi. Tapi di saat kita mengira bahwa Maximo Park tidak beranjak dari tempat mereka berpijak dua tahun yang lalu, lagu tersebut tiba-tiba mengejutkan telinga kita memasuki menit 01:50. Lagu itu seperti keluar dari persembunyiannya di menit itu, dan melesat seperti Lewis Hamilton meninggalkan semua lawan-lawannya.

“Nosebleed” boleh dibilang adalah salah satu karya terbaik yang pernah dihasilkan Maximo Park di album ini. Memang ini bukan “The Coast Is Always Changing” MK II, tapi lagu ini penuh dengan melodi, dan lirik dari Paul Smith yang kadang memilukan tapi sekaligus mencengangkan, seperti seorang yang kehilangan seseorang yang tadinya selalu bersamanya ke pelukan orang lain “He changed his looked for you/You changed your life for him/Now, was the verdict worth the trial?”.

Album ini tidak akan menempatkan posisi Maximo Park sebagai penyelamat generasi ini. Mereka akan tetap menjadi “underdog” abadi angkatan 2005. Tapi mungkin dengan begini, mereka yang paling lama akan bertahan. Tidak akan ada yang tahu. Terkadang menjadi “underdog” adalah posisi yang menyenangkan. Dan paling tidak, bila musik mereka tidak menggerakkan kita, sampul-sampul depan album dan single mereka akan selalu menghibur kita.

David Wahyu Hidayat


0 Responses to “Album Review: Maximo Park – Our Earthly Pleasures”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2007
S S R K J S M
    Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: