03
Jan
18

Ulasan Album: Gypsea – Chameleon Delight 

Gypsea

Chameleon Delight

Buatan Records 2017

Gypsea adalah Jeffry Kartika, dan singer/songwriter asal Jakarta ini memiliki sebuah misi melalui debut albumnya Chameleon Delight. Bangkit dari puing-puing Gunver, sebuah band indie dari Jakarta yang pernah menelurkan album berjudul “Wonders of Enlightenment” di tahun 2010; Jeffry Kartika menghasilkan debut album yang inspiratif, penuh variasi serta eksplorasi dari berbagai macam genre seperti pop-rock, vibrasi Jazz, dan elemen-elemen world music; yang membuatnya seperti sebuah kumpulan musik untuk menikmati keindahan milenial dan melawan kegaduhan dystopia yang menyertainya.

Album ini diawali oleh Clouded By Mermaids yang menghanyutkan dengan efek suara orkestrasi yang megah, membuat yang mendengarkannya seperti dibawa ke pesisir pantai yang indah pada saat matahari terbenam. Suasana menyenangkan tersebut dilanjutkan dengan Feet Wet, yang juga merupakan salah satu single dari Gypsea. Pada lagu inilah kejeniusan Jeffry Kartika sebagai seorang penulis lagu mulai ditunjukkan. Karena lagu ini adalah definisi indie-pop yang akan dicintai generasi 90an dan para milenial bersamaan, dengarkan break gitar pada menit 02:06 dan kita semua akan berdansa penuh endorfin diiringi lagu ini.

Setelah diselingi Floriene yang membiuskan, groove itu dilanjutkan pada Passion for The Pacific yang dapat dijadikan sebuah soundtrack musim semi menyenangkan di mana matahari bersinar hangat dan semuanya terasa benar pada tempatnya. Permainan emosi antara lagu tenang dan menghentak penuh semangat dilanjutkan pada dua lagu berikutnya, yaitu Rattle The Stars dan Bias. Yang pertama dengan alunan Piano manis seperti sebuah mimpi indah yang kekal, yang kedua adalah definisi optimisme rock dari Gypsea yang dihantarkan tanpa basa-basi dan menghujam seperti jab Muhammad Ali, sambil meluapkan inti jiwa yang meledakkan langit.

Bias seperti memulai bagian kedua di dalam Chameleon Delight, jika 5 lagu pertama menampilkan keindahan milenial dengan segala optimismenya, paruh kedua album ini layaknya adalah bayangan zaman ini dengan segala kecemasan, kegilaan namun di antara semua itu terdapat harapan yang belum sirna. Forever Beautiful adalah sebuah pyschedelic rock menyambut dystopia yang akan datang dan mendengarkannya seperti mendengar perpaduan Unkle, The Chemical Brothers dan Kasabian dalam satu lagu. Lagu tersebut disusul dengan War Is Spiritual yang dibalut permainan synth seperti hendak memanipulasi alam pikiran. Trilogi dystopia pada album ini ditutup oleh Lick the Paint dengan pola bas yang mendeterminasi pendengaran kita, meresahkan namun menyuntikkan adrenalin sekaligus.

Dengan ritem gitar yang renyah dan melodi menggoda, Sunny Youth adalah Gypsea dalam wujud paling pop yang ditampilkan album ini. Mendengarkannya seperti mendengarkan harapan dan hal-hal baik yang akan menyertainya. Chameleon Delight lalu ditutup dengan Let Me Go yang mengalun lembut dan mengembalikan optimisme seperti ketika kita mendengar lagu pertama album ini.

Jeffry Kartika aka Gypsea menghantarkan sebuah debut album yang solid dengan Chameleon Delight. Seperti dianjurkan nama album itu sendiri, ini adalah album yang penuh dengan elemen-elemen membahagiakan. Mendengarkannya seperti sebuah perjalanan indah yang tidak pernah hambar, kadang ia membuai, kadang ia menerjang, dan sering ia membuat kita menari dan tersenyum di sebuah kota metropolis yang kita cintai. Album ini adalah sebuah permulaan.

David Wahyu Hidayat

Stream Gypsea (Chameleon Delight) Full Album:

Apple Music: https://itunes.apple.com/id/artist/gypsea/id1275629792

Social media:

Youtube: http://www.youtube.com/gypseaband

Soundcloud: http://www.soundcloud.com/gypseaband

Instagram: http://www.instagram.com/gypseaband

Twitter: http://www.twitter.com/gypseaband

Facebook: http://www.facebook.com/gypseaband

Iklan

0 Responses to “Ulasan Album: Gypsea – Chameleon Delight ”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Januari 2018
S S R K J S M
« Des   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Categories

Blog Stats

  • 149.127 hits
Iklan

%d blogger menyukai ini: