27
Mei
12

Konser Review: Morrissey – Tennis Indoor Senayan, 10 Mei 2012

Morrissey

Tennis Indoor Senayan

10 Mei 2012

 

Setlist: How Soon Is Now, You Have Killed Me, You’re The One For Me Fatty, Alma Matters, Black Cloud, When Last I Spoke To Carol, Shoplifters Of The World Unite, Every day Is Like Sunday, I Know It’s Over, First Of The Gang To Die, Meat Is Murder, Let Me Kiss You, I’m Throwing My Arms Around Paris, Last Night I Dreamt That Somebody Loved Me, Ouija Board, To Give (The Reason I Live), I Will See You In Far-Off Places, Speedway

Encore: Still Ill

 

Review:

 

Lebih dari satu dekade yang lalu, saya membuat sebuah kesalahan yang saya pikir akan menjadi salah satu blunder terbesar dalam hidup saya. Kesalahan itu adalah menolak ajakan seorang teman untuk menonton Morrissey di Cologne ketika saya masih melanjutkan studi di Jerman.

Seiring dengan jalannya waktu, semakin pula saya menghayati album-album The Smiths satu persatu, lirik Morrissey yang sederhana dan langsung menohok dalam tematik kehidupan sehari-hari adalah pengiring saya menjalani kehidupan jauh dari tanah air, bahkan ketika kembali dan harus berjibaku dengan keadaan serba abu-abu dari pekerjaan dan kehidupan ibukota yang brutal tanpa harapan, lirik-lirik itu kerap kali menumbuhkan sebersit senyum. Atas alasan itulah saya makin menyesali mengapa saya menolak ajakan teman saya waktu itu. Perlahan tapi pasti saya mulai berdamai dengan diri saya sendiri, kalau saya takkan pernah melihat penampilan Morrissey secara langsung.

Tapi di malam 10 Mei 2012 itu semuanya berubah. Di saat kita merasa harapan terkubur, ternyata dia benar-benar berdiri di depan mata saya dan ribuan penonton lainnya di Tennis Indoor Senayan. Dengan didahului oleh klip-klip video pop klasik di antaranya dari Nico dan The New York Dolls, membangun euforia yang sudah tidak lagi tertahankan akan figur seorang Morrissey. Sampai akhirnya layar putih itu terbuka, digantikan muka Oscar Wilde yang menanyakan “Who Is Morrissey?”, tanpa disadari lagi sosok itu sudah berdiri, menyanyikan “How Is Soon Now?”. Histeria memenuhi ruangan, ini adalah kehausan belasan tahun yang akhirnya terbanjiri dengan air bah yang melebih ekspektasi yang pernah ada. Bagi banyak orang ini mungkin bukan hanya sekedar pemenuhan mimpi, tetapi bayangan akan sebuah tempat yang lebih indah dari bumi.

“I did not expect this” ujar Morrissey di awal konser. Begitu juga dengan kita. Mendengarkan “You’re The One For Me Fatty”, “Alma Matters” berturut-turut, lagu-lagu yang menghias hari-hari adolesen yang dengannya terasa begitu berarti dan tidak menguap begitu saja, semuanya terasa sureal, terkadang berpikir apakah hal yang terjadi di depan kita sekarang ini nyata dan benar-benar terjadi? Beberapa orang beruntung yang ingin merasakan bahwa malam itu benar-benar terjadi bahkan ada yang naik ke atas panggung dan memeluk Morrissey, untuk melumerkan kejadian malam itu dari khayalan mereka, dan mensemenkan momen tersebut dalam lini masa kehidupan mereka.

“I Know It’s Over” meluluhkan kembali hati semua orang yang hadir malam itu, sebelum dihempaskan lagi dengan “First Of The Gang To Die” dan pesan obligatoris Morrissey dalam “Meat Is Murder” yang diiringin dengan tampilan video penjagalan ayam dan sapi. Entah berapa orang yang mengkonversi dirinya menjadi vegetarian setelah malam itu.

Keajaiban malam itu harus diakhiri dengan “Still Ill”, melalui intro gitar yang menderu seperti kereta api uap dan ketika Morrissey menyanyikan “England is mine and it owns me a living” kita diperhadapkan pada sebuah kenyataan yang manis bahwa ini semua terlalu indah untuk menjadi kenyataan. Dengan durasi sekitar satu setengah jam, konser itu mungkin nampak terlalu singkat, tetapi tidak pelak lagi satu setengah jam itu akan menggapai keabadian dalam kehidupan kita, dan tidak akan ada yang berani mengambilnya dari kita.

David Wahyu Hidayat


0 Responses to “Konser Review: Morrissey – Tennis Indoor Senayan, 10 Mei 2012”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Mei 2012
S S R K J S M
« Des   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Categories

Blog Stats

  • 137,356 hits

%d blogger menyukai ini: