22
Apr
11

Album Review: The Strokes – Angles

The Strokes

Angles

Sony Music Indonesia – 2011

“Are you alright? What’s the matter, are you alright?” tanya sang host master David Letterman kepada Julian Casablancas ketika The Strokes tampil di acaranya membawakan “Taken For A Fool” dalam rangka mempromosikan album terbaru mereka “Angles”. The Strokes dalam acara tersebut adalah cerminan The Strokes 2011. Hilang sudah mentalitas gang yang ada pada mereka satu dekade yang lalu. Julian, bukan hanya di penampilan itu, tapi juga di penampilan-penampilan lainnya yang dapat dilihat di dunia maya untuk promosi “Angles”, terlihat penuh frustasi, terputus dengan rekan-rekan lainnya, yang masih tampak berusaha untuk membawa musik The Strokes maju, paling tidak itu yang terlihat dalam diri Nikolai & Nick. Albert terlihat seperti tenggelam dalam nostalgia era “Is This It”, sedangkan Fab berpenampilan paling flamboyan, nampak paling menikmati kembalinya band ini.

Disintegrasi bukanlah kata yang positif untuk mempromosikan sebuah band. Dengan proses rekaman yang sulit, di mana Julian hanya mengirimkan rekaman vokalnya melalui e-mail dan sesi-sesi individual seperti yang diakui oleh Nick, apa yang masih tersisa dari “Angles” dan The Strokes?

Jika 10 tahun yang lalu The Strokes memberikan kita sebuah pertanyaan “Is This It” maka jawabannya adalah YA dengan huruf sebesar Empire State Building. Setelah mendengarkan “Angles” jawaban pertanyaan itu adalah sebuah tanda tanya besar. Seperti terseraknya 5 anggota The Strokes dalam proses rekaman album ini, seperti itulah rasanya mendengarkan 10 lagu yang tersimpan di dalamnya. Ada beberapa jejak kegemilangan di sana, namun itu tidak cukup untuk mengembalikan hari-hari besar yang terhampar dari 2001 sampai dirilisnya “Room On Fire”. Walaupun harus diakui secara pengalaman sonik, album ini adalah karya yang lebih baik dari “First Impressions Of Earth”.

Single pertama “Under Cover Of Darkness” adalah melodi tipikal kejayaan The Strokes, dengan kedewasaan Nick & Albert dalam memainkan gitar, dan suara Julian yang akhirnya tidak terdengar seperti dinyanyikan melalui megafon, bahkan berani bermain dengan vocal layering, ini adalah benar-benar sesuatu yang kita harapkan setelah menunggu keluaran musikalis band ini selama 5 tahun. Bahkan di dalam kejayaan itu pun mereka masih terdengar seperti band yang sudah terserak namun entah apapun substansnya tetap dapat mempertahankan kesolidannya. “Machu Picchu” pun merupakan sebuah lagu yang sangat menarik, kental dengan geliat new wave seperti mengumandangkan, menjadi 80-an saat ini adalah sesuatu yang cool.

 “Taken For A Fool” dan “Games” adalah segelintir lagu yang dapat diberikan perhatiannya di album ini. Yang pertama adalah nomor stop-start dengan nyanyian yang akan mengusik lidah kita untuk beberapa lama, yang kedua adalah tron atari rock ‘n’ roll dengan hembusan synthesizer steril. Sulit membayangkan The Strokes akan pernah membuat lagu seperti ini balik di tahun 2001. Sementara “Gratisfaction” kembali menyegarkan kita akan sentuhan gitar pop 80-an dalam artiannya sendiri, sebelum “Angles” mengakhiri durasinya dengan “Life Is Simple In The Moonlight” yang terdengar seperti sebuah soundtrack acara televisi di akhir 80-an/awal 90-an.

The Strokes 2011, bukanlah The Strokes dengan dampak yang instan seperti di 2001. Tidak ada lagi yang harus diselamatkan kali ini, tidak ada topi merah bodoh Fred Durst yang harus dibasmi. Yang harus mereka selamatkan adalah diri mereka sendiri. Album ini mempunyai paruh waktu yang lama, butuh pendengaran beberapa kali untuk menyadari bahwa ini adalah usaha yang relatif bagus mencengangkan dari sebuah band paling berpengaruh dekade lalu. Paling tidak untuk saat ini kita berterima kasih karena mereka telah kembali, entah untuk berapa lama lagi. Hanya mereka sendiri sepertinya yang bisa menjawab.

David Wahyu Hidayat  


0 Responses to “Album Review: The Strokes – Angles”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Categories

Blog Stats

  • 137,356 hits

%d blogger menyukai ini: