19
Feb
11

Konser Review: Two Door Cinema Club – EX Park, Jakarta 15 Februari 2011

Two Door Cinema Club

EX Park, Jakarta

15 Februari 2011

Band Pembuka: RNRM, Flight Facilities

Setlist:

Cigarettes in The Theatre, Undercover Martyn, Hands Off My Cash Monty, Do You Want It All, Something Good Can Work, Handshake, This Is The Life, Kids, You’re Not Stubborn, Costume Party, What You Know, Eat That Up, It’s Good For You

Encore: Come Back Home, I Can Talk

Review:

Bila setahun yang lalu kita pernah menayakan Alex Trimble, vokalis Two Door Cinema Club, apakah ia pernah membayangkan akan bermain di hadapan publik Jakarta yang ribuan kilometer jauhnya dari kampung halamannya di Irlandia Utara, kemungkinan besar jawaban yang akan kita dapat adalah, mungkin hal itu hanya berada dalam mimpi terliar yang pernah ia punyai. Tapi 15 Februari 2011, di tengah pilar-pilar terbaru pencakar langit Jakarta, di sebuah lapangan parkir mal gaya hidup teryahud Jakarta yang disulap menjadi arena konser terbuka yang sangat menyenangkan, jawaban atas pertanyaan itu adalah sebuah realita yang manis.

Two Door Cinema Club menggebrak konser mereka malam itu dengan “Cigarettes In Theatre”. Dimainkan dengan sangat rapi, lagu yang juga menjadi pembuka album mereka “Tourist History” menfiturkan suara Alex yang sangat jernih dan ia terdengar sangat menikmati set mereka sejak detik pertama lagu itu. Suara gitar Sam Halliday yang banyak memainkan riff gembira yang menjadi ciri khas lagu – lagu Two Door Cinema Club, terdengar seperti terlalu banyak mengeluarkan reverb, kemungkinan dikarenakan oleh efek tata suara di panggung konser terbuka tersebut. Tapi siapa yang peduli lagi akan semua itu? Semua penonton yang ada di sana, tidak peduli hipster atau nerd, indie atau non-indie semuanya tenggelam dalam atmosfer sukaria musik Two Door Cinema Club.

Kebahagian malam itu semakin memecah ketika “Undercover Martyn” menyusul sebagai lagu kedua yang dibawakan, para penonton, atau kata lagu tersebut the basement people mulai berjingkrakan tak menentu mulai dari depan, samping kiri, dan samping kanan area konser menyambut lagu tersebut. Euforia penuh kebahagiaan adalah kata yang tepat untuk mendefinisikan atmosfir konser tersebut. Two Door Cinema Club adalah salah satu band yang terlahir dalam dekade ini dan mereka sangat menjiwai semangat dekade ini. Mereka tidak dipusingkan dengan berbagai macam masalah generasi X di dekade sebelumnya, mereka adalah definisi budaya instan lewat jaringan sosial, mereka hanya ingin menikmati setiap malam, nyaris mendekati kehedonisan, namun semuanya dengan kebrilianan yang tertera di dalam musik mereka yang dengan sekejap pula membuat suasana riang memenuhi EX Park malam itu.

Briliannya Two Door Cinema Club, adalah kemampuan mereka mengolah riff – riff sederhana dengan efek yang tidak terlalu banyak menjadi sebuah lagu gitar pop yang dapat dibuat untuk berdansa. Saat mereka di konser itu memainkan lagu seperti “Something Good Can Work” maupun versi fantastis dari “What You Know” yang diawali hanya dengan suara Alex Trimble dan gitarnya seorang diri, kita akan sangat mengerti mengapa lagu – lagu mereka sangat mudah diakses oleh muda-mudi dari berbagai kalangan. Musik gitar pop yang dapat dibuat untuk berdansa melawan semua bentuk kejenuhan.

14 lagu dimainkan Two Door Cinema Club malam itu, 14 lagu pemujaan pop yang terasa terlalu singkat, namun ketika EX Park secara serentak mengumandangkan “A..O..AAO..A..O..AAO..” sebagai intro “I Can Talk” yang dipilih menjadi lagu terakhir malam itu, mereka semua tersenyum puas dengan suguhan musik Two Door Cinema Club. Beberapa waktu dari sekarang, jika kita ditanya, apa yang kita ingat akan apa yang telah terjadi di bulan Februari tahun 2011, yang kita ingat bukanlah revolusi yang terjadi di Afrika utara, ataupun kekerasan yang terjadi di negeri ini terhadap golongan minoritas. Yang kita ingat adalah bahwa Two Door Cinema Club telah hadir di bawah pilar-pilar Jakarta, menghibur dan memberikan kedamaian dalam artiannya sendiri. Dan dengar, suara itu masih terngiang – ngiang di kepala kita “A..O..AAO..A..O..AAO..”

David Wahyu Hidayat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Februari 2011
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: