13
Jan
11

10 Album Terbaik 2010

Daftar seperti ini memang seharusnya dibuat menjelang akhir tahun. Tapi karena satu dan lain hal yang dialami di akhir tahun akhirnya daftar ini tidak sempat dibuat di akhir 2010 kemarin. Tapi seperti pepatah berkata, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Musikalis, secara pertunjukkan konser yang saya hadiri di negeri sendiri, tahun 2010 adalah salah satu yang terbaik yang pernah ada. Saya tidak pernah menyangka jika di tahun 2010 saya akan pernah menyaksikan pahlawan pribadi saya bernama Ian Brown di Senayan. Atau mendengarkan “Three Lions” dibawakan langsung oleh The Lightning Seeds di dalam genangan lumpur lapangan ABC senayan. Menambah keabsurdan 2010 adalah melihat kepala plontos Billy Corgan di panggung besar Java Rockin’ Land di Ancol.

Melengkapi pertunjukkan konser tersebut, adalah album – album fantastis yang menemani kita sepanjang tahun. Di bawah ini adalah album – album yang mendefiniskan tahun 2010 untuk saya. Selamat membaca!

David Wahyu Hidayat

10. The Suburbs – Arcade Fire

Tahun 2010, ada dua buah album yang bertemakan tentang kehidupan kota dan lingkungan yang mengitarinya. Yang pertama adalah “The Suburbs” dari Arcade Fire, yang memukau dengan memori akan sebuah sebuah lingkungan suburban yang sekarang telah berubah menjadi sesuatu yang asing, termakan kedewasaan dan kehidupan urban itu sendiri.

Lagu esensial: Ready To Start, Month Of May, City With No Children


09. Come Around Sundown – Kings Of Leon

Album ini bukanlah album kembali akar seperti yang digembar-gemborkan sebelumnya, melainkan pengukuhan tahta bahwa Kings Of Leon adalah band terbesar yang datang dari AS saat ini. Dengan mengabaikan nomor-nomor pemanja telinga kecuali pada “Radioactive” yang sangat ramah terhadap radio dan musik televisi, album ini adalah langkah Kings Of Leon memantapkan diri mereka di puncak musik dunia saat ini.

Lagu esensial: Radioactive, The Face, Pony Up

08. This Is Happening – LCD Soundsystem

Diplot sebagai album terakhir karir musiknya sebagai LCD Soundsystem, James Murphy berpamitan dengan semestinya, di zenit kemampuan musikalisnya. Dengan pengaruh David Bowie era “Heroes”, semangat perlawanan terhadap establishment dunia musik saat ini, dan kumpulan musik cerdas yang terangkum dalam “This Is Happening”, album ini adalah salam perpisahan pamungkas dari salah satu musisi jenius yang pernah datang dari New York.

Lagu esensial: You Wanted A Hit, All I Want, I Can Change

Untuk membaca ulasan blog ini mengenai “This Is Happening”, silahkan klik tautan berikut ini:

https://supersonicsounds.wordpress.com/2010/06/20/album-review-lcd-soundsystem-this-is-happening/


07. Total Life Forever – Foals

Di album ini, Foals meninggalkan identitas math-rock dan segala embel-embel yang melekat dalam debut album mereka “Antidotes”. Mereka bertransformasi menjadi sebuah band dengan ambisi besar, intelijen tanpa harus memompa kecerdasan itu dengan sesuatu yang artifisial tak beralasan. Dengarkan kemegahan drum dalam “Miami”, atau intro menghanyutkan yang membius bagai anestesi dalam “Spanish Sahara”, dan kalian akan segera mengerti yang dimaksud di sini.

Lagu esensial: Miami, Total Life Forever, Spanish Sahara

06. Butterfly House – The Coral

Ditinggalkan Bill Ryder-Jones sebagai gitaris mereka, tidak membuat The Coral harus kehilangan amunisinya dalam pembuatan sebuah album hebat. Diproduseri oleh John Leckie yang pernah menggawangi The Stone Roses, Muse, dan Radiohead, “Butterfly House” adalah sebuah pengalaman sonik psikedelia yang didasari oleh kelihaian menulis lagu dengan kadar citarasa pop beroktan tinggi.

Lagu esensial: 1000 Years, Butterfly House, Sandhills

05. Ode Buat Kota – Bangkutaman

Album kedua di tahun 2010 yang menceritakan keluh kesah dan keindahan sebuah kota besar. Kepenatan, keceriaan, keruwetan dan tawa bahagia ditampilkan dengan sangat sempurna oleh Bangkutaman di album yang kali ini tidak lagi dipengaruhi oleh musik The Stone Roses tetapi Bob Dylan, Velvet Underground, The Byrds dan The Beach Boys. Setenang gambar Jalan Jenderal Sudirman yang terpampang di sampul depan album ini, sebahagia itu pulalah kita mendengarkan “Ode Buat Kota”. Karena bila kota yang kita tinggali tidak dapat membikin kita tersenyum, paling tidak kita mempunyai sebuah ode buat kota yang dapat memberikan kita sebuah harapan baru.

Lagu esensial: Ode Buat Kota, Jalan Pulang, Catch Me When I Fall

04. The Drums – The Drums

Siapapun yang mengawali sebuah album dengan kata-kata “You’re my best friend, but then you die” bila tidak mempunyai sebuah selera humor yang sangat sarkastik, ia adalah seorang yang sangat pemuram. Syukur pada Tuhan, The Drums adalah sekumpulan muda, yang menciptakan musik ceria, dan lirik untuk tertawa. Diiringi dengan melodi menggelitik, suara bas kering seperti Peter Hook di masa mudanya, dan lirik jenaka yang menggelikan, mungkin pada akhirnya perbandingan dengan Morrissey dan Joy Division itu ada justifikasinya juga.

Lagu esensial: Let’s Go Surfing, Book Of Stories, Forever And Ever Amen

03. Tourist History – Two Door Cinema Club

Blog yang sedang kalian baca ini, menulis pada pertengahan tahun 2010, bahwa Two Door Cinema Club adalah seperti mahasiswa tingkat pertama favorit kalian. Sedangkan debut album mereka “Tourist History” akan menjadi salah satu album favorit kalian tahun 2010. Sebuah album yang akan menyinarkan suasana paling baik di tengah mendung gelap dan gelegar petir. Album yang akan membuat kita berdansa, melupakan semuanya, sampai jiwa kita tergenang basah oleh kebahagiaan yang tidak dapat diambil siapa pun. Setengah tahun kemudian, pernyataan itu masih tetap berlaku, tanpa kekeliruan sedikit pun.

Lagu Esensial: Undercover Martyn, Something Good Can Work, Cigarettes In Theatre

Untuk membaca ulasan blog ini mengenai “Tourist History”, silahkan klik tautan berikut ini:

https://supersonicsounds.wordpress.com/2010/06/05/album-review-two-door-cinema-club-tourist-history/

02. Contra – Vampire Weekend

Dengan merilis “Contra” di tahun 2010, Vampire Weekend seperti naik kelas dari musik yang ditampilkan dalam debut album mereka di tahun 2008. Dengan keberanian merilis “Cousins”, lagu mereka yang paling mendekati definisi punk sebagai single pertama, Vampire Weekend berhasil menampik semua keraguan dengan mengantarkan “Contra” sebagai album nomor 1 Billboard 200 di bulan Januari 2010. Ditunjang dengan lagu – lagu melodik seperti dalam “Run”, “Giving Up The Gun” dan “Holiday”, album ini definitif adalah sebuah album yang sangat esensial di tahun 2010 dan berhasil menyatukan banyak pecinta musik.

Lagu esensial: Cousins, Run, Giving Up The Gun

Untuk membaca ulasan blog ini mengenai “Contra”, silahkan klik tautan berikut ini:

https://supersonicsounds.wordpress.com/2010/02/21/album-review-vampire-weekend-contra/

01. High Violet – The National

Bila ada perkumpulan band yang musiknya melukiskan sebuah kenestapaan dan melankoli lalu mengubahnya menjadi sebuah keindahan, maka The National adalah kandidat kuat untuk menjadi pemimpin dari perkumpulan band tersebut. “High Violet” adalah karya sentral dari The National yang akan membuat mereka semakin dicintai oleh orang – orang biasa yang setiap harinya harus berjuang untuk menghadapi kehidupan. Kita akan mencintai The National dan album ini, karena mereka berbicara dan melantunkan suasana hati kita tanpa polesan apapun, sama seperti kita mereka hanya orang – orang sederhana yang mencintai kehidupan ini dan berusaha membuatnya menjadi sesuatu yang paling berharga.

Lagu esensial: Bloodbuzz Ohio, Conversation 16, Lemonworld

Untuk membaca ulasan blog ini mengenai “High Violet”, silahkan klik tautan berikut ini:

https://supersonicsounds.wordpress.com/2010/07/25/album-review-the-national-high-violet/

Untuk membaca 20 lagu terbaik pilihan musik blog ini, silahkan klik tautan berikut ini:

https://supersonicsounds.wordpress.com/2011/01/12/20-lagu-terbaik-2010/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Januari 2011
S S R K J S M
« Okt   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: