12
Jan
11

20 Lagu Terbaik 2010

Daftar seperti ini memang seharusnya dibuat menjelang akhir tahun. Tapi karena satu dan lain hal yang dialami di akhir tahun akhirnya daftar ini tidak sempat dibuat di akhir 2010 kemarin. Tapi seperti pepatah berkata, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Musikalis, secara pertunjukkan konser yang saya hadiri di negeri sendiri, tahun 2010 adalah salah satu yang terbaik yang pernah ada. Saya tidak pernah menyangka jika di tahun 2010 saya akan pernah menyaksikan pahlawan pribadi saya bernama Ian Brown di Senayan. Atau mendengarkan “Three Lions” dibawakan langsung oleh The Lightning Seeds di dalam genangan lumpur lapangan ABC senayan. Menambah keabsurdan 2010 adalah melihat kepala plontos Billy Corgan di panggung besar Java Rockin’ Land di Ancol.

Melengkapi pertunjukkan konser tersebut, adalah lagu – lagu fantastis yang menemani kita sepanjang tahun. Di bawah ini adalah lagu – lagu yang mendefiniskan tahun 2010 untuk saya. Selamat membaca!

David Wahyu Hidayat

20. Try It On – Interpol

“I need the sunlight to keep me above you, these moderations” lantunan elegi Paul Banks mengawali lagu ini, diiringi dentingan piano yang menghantui, mengingatkan kita semua setelah semua kekelaman masih ada harapan. Lagu ini adalah secercah harapan dari album Interpol yang kali ini sayangnya tidak sekuat album – album sebelumnya yang telah mereka hantarkan.


19. Song For Dan Treacy – MGMT

Sejak awal, saya selalu skeptis dengan kehadiran MGMT di planet pop kita semua. Mereka terkesan terlalu posh dan hanya mewakili golongan hipster yang sudah terlalu banyak berlalu-lalang berkeliaran. Tetapi setelah berulang kali memaksa diri mendengarkan kedua album mereka, harus diakui dengan lagu seperti ini, mereka punya citarasa yang sangat bagus dan sangat cerdik memainkan referensi mereka, sehingga dapat menghasilkan musik pop brilian seperti ini.


18. Beating The Devil’s Tattoo – BRMC

Gelap, misterius, mengagumkan. Apalagi yang bisa disebut dan dibahas dari Black Rebel Motorcycle Club?

17. Schoolin’ – Everything Everything

Beberapa bulan yang lalu, NME melaporkan bahwa skena musik Manchester sudah jauh melarikan diri mereka dari nama besar The Smiths, The Stone Roses dan Oasis. Dan memang, kutukan nama besar itu tidak lagi terdengar dari musik Everything Everything yang menggunakan rel musik berbeda dari yang diharapkan semua orang tentang musik dari Manchester. Bersama dengan Two Door Cinema Club, band ini adalah jawaban Britania terhadap MGMT.

16. Animal Arithmethic – Jonsi

Tahun 1991 REM menelurkan sebuah single berjudul “Shiny Happy People”. Satu dekade kemudian, Jonsi mendeskripsikan judul lagu itu dengan sangat tepat. Mendengarkan “Animal Arithmetic” kita mendengarkan dan merasakan “Shiny Happy People”, dikelilingi oleh hangatnya sinar matahari, bau musim panas, dengan orang-orang yang tepat, dengan perasaan yang sempurna.

15. Whores Of The Orient – Sajama Cut

Salah satu rilisan lokal penting di tahun 2010 adalah “Manimal” dari Sajama Cut. “Whores Of The Orient” adalah salah satu lagu yang terangkum di dalamnya. Lagu ini seperti menggambarkan suasana akhir tahun dengan sangat pas, bunyi-bunyian glockenspiel dan alat musik tiup menghalaukan kegalauan, tergantikan dengan perasaan megah yang gamang.

14. You Wanted A Hit – LCD Soundsystem

James Murphy adalah sosok pahlawan bagi semua pecundang dunia ini. Bila Mark Zuckerberg adalah pahlawan dunia maya, maka LCD Soundsystem adalah figur paralelnya di dunia elektroindiepunk. Brilian dan jenius.

13. Butterfly House – The Coral

Gerombolan dari Hoylake, semenanjung Wirral itu kembali hadir mengantarkan suasana kosmik psikedelik yang tidak ada lagi bandingannya di planet pop masa kini. Dengan harmonisasi vokal yang menghanyutkan, gitar jingle-jangle yang tidak selalu membawa suasana riang, “Butterfly House” adalah The Coral dalam kedewasaan bermusik mereka.

12. Ready To Start – Arcade Fire

Saya harus membuat pengakuan di sini. Sebelum tahun 2010, saya bukanlah pengagum musik Arcade Fire. Di pertengahan tahun saya secara tidak sengaja mendengarkan “Neighborhood #3 (Power Out)” dari album “Funeral”, sejak itu saya menyerah kepada kesempurnaan musik Arcade Fire. Tahun 2010, adalah tahun di mana mereka menghantarkan “The Suburbs” dan lagu “Ready To Start” menurut saya adalah lagu terbaik di album tersebut.

11. Tighten Up – The Black Keys

Pertengahan tahun 2010, selepas final Piala Dunia. Iker Casillas baru saja mengangkat trofi paling bergengsi di dunia sepakbola. Musim panas, bila itu pernah ada di negara ini, sedang mencapai puncaknya. Saya sedang tidak peduli terhadap segala sesuatu yang ada di sekitar saya, saya hanya ingin menikmati kehidupan. Di saat itulah lagu ini menemani pemutar musik saya setiap saat. Musiknya begitu mempunyai jiwa, sesuatu yang mengagumkan, bila mengingat The Black Keys hanya terdiri dari 2 orang: Dan Auerbach dan Patrick Carney.

10. Total Life Forever – Foals

“Total Life Forever” dan album yang bernama sama, adalah usaha Foals menjauhkan diri dari cap math-rock yang disematkan ke diri mereka. Boleh dibilang usaha itu sangat sukses, musik mereka berkembang menjadi sangat cerdas tanpa harus terkesan dibuat-buat dan artifisial.

09. Everything You Wanted – Kele

Solo album dari vokalis Bloc Party ini memang harus didekati dengan hati – hati dan kewaspadaan. Tapi lagu ini menjadi bukti, bahwa tanpa diiringi ketiga personil lainnya dalam Bloc Party, Kele mampu menciptakan sesuatu yang mengusik telinga, dan mendorong kita semua untuk masuk ke dalam sebuah perayaan.

08. Books Of Stories – The Drums

Morrissey baru? Jelmaan Ian Curtis? Dan berbagai macam tag lainnya sudah pernah disematkan kepada Jonathan Pierce vokalis dari The Drums. Apapun tag yang dilekatkan pada dirinya, The Drums telah mencerahkan langit pop kita dengan keceriaan seperti tiada awan hitam yang pernah datang dalam hari-hari hidup kita.

07. Jalan Pulang – Bangkutaman

Saya tidak akan pernah menyangka bahwa Bangkutaman akan kembali dan mereka kembali dengan sangat dasyhat. Musikalis “Jalan Pulang” adalah keriangan tanpa batas yang mengusir kesuraman ibu kota, secara lirik lagu ini adalah perenungan, akan semua yang telah berlalu dan akan sebuah awalan baru yang penuh gairah.

06. Something Good Can Work – Two Door Cinema Club

Band paling menghibur yang datang dari Britania di tahun 2010. Dengan mencuri suasana kegembiraan MGMT dan efek loop berkepanjangan yang pernah menjadi tandatangan Bloc Party, Two Door Cinema Club memberikan sebuah penyegaran dengan lagu-lagu mereka. “Something Good Can Work” adalah suara kegembiraan 2010.

05. Radioactive – Kings Of Leon

Nashville, tiga kakak-beradik dan satu sepupu, stadion rock, dominasi dunia. TITIK.

04. Andalucia – Doves

Doves tidak pernah berhenti memberikan bius paling menenangkan sekaligus kegairahan yang sangat ke dalam alam bawah sadar kita. “Andalucia” bukanlah sebuah pengecualian, dengan intro gitar bercorak flamenco dan kemegahan tanpa tara, ini adalah penerus tradisi lagu-lagu Doves seperti yang sudah kita terima dalam wujud “Pounding” dan “Catch The Sun”.

03. Run – Vampire Weekend

24 Oktober 2010, hari di mana Vampire Weekend menggelar konser mereka di Jakarta, adalah hari di mana kita berlari ke sebuah tempat yang didefinisikan hanya dan oleh Vampire Weekend. Dengan lagu seperti “Run” dan album mengagumkan bernama “Contra” kita dihanyutkan dalam kesederhanaan melodi dan kecemerlangan bermusik Vampire Weekend. Definitif salah satu momen berkesan 2010.

02. Bloodbuzz Ohio – The National

Saya harus membuat pengakuan kedua di tulisan ini. Sejak lagu ini dirilis di pertengahan 2010, di malam-malam di mana saya sudah terlalu lelah setelah melepaskan diri dari jeratan korporasi laknat yang menghidupi saya, ketika kamar saya sudah gelap, dengan earphone di kuping, pemutar musik digital saya memainkan lagu ini, ketika suara drum itu terdengar, dan suara baritone Matt Berninger menyanyikan “..never thought about love, when I thought about home…”, saya berdansa sendirian di kamar saya yang gelap. Tidak ada hal lain yang mengusik, hanya ada saya, kegelapan kamar dan musik, dan itu adalah sesuatu yang melegakan.

01. Ode Buat Kota – Bangkutaman

Bersama dengan “Aku Cinta J.A.K.A.R.T.A” dari C’mon Lennon, lagu ini adalah lagu terbaik yang pernah ada untuk mendeskripsikan kota yang kita tinggali. Segala kefrustasian, kepenatan, kecintaan dan harapan baru akan ruang kecil dari sebuah kampung besar bernama Jakarta ini, tertumpah di lagu ini. Kita akan selalu merasa benci sekaligus cinta akan kota ini, dan sejauh apapun kita melangkah menjauhi kota ini, atau menghujat kota ini sedalam-dalamnya, kita akan selalu merasakan koneksi yang tidak dapat diputuskan darinya. Lagu ini adalah soundtrack dari itu semua. Jakarta, selamanya.

 

Untuk membaca 10 album terbaik pilihan musik blog ini, silahkan klik tautan berikut ini:

https://supersonicsounds.wordpress.com/2011/01/13/10-album-terbaik-2010/


5 Responses to “20 Lagu Terbaik 2010”


  1. 1 rouju
    Februari 16, 2011 pukul 1:00 pm

    Awesome pick!!!!! Kayaknya gw bakal jadi fans site ini. Thumbs up!!

  2. 2 David Wahyu Hidayat
    Februari 17, 2011 pukul 2:54 am

    @rouju, thx udah baca blog saya ini. terima kasih, kalau menyukai tulisan dan musik yg saya tulis di sini. david.

  3. 3 emil greenwood
    Maret 3, 2011 pukul 8:42 pm

    saya sudah lama baca artikel di blog ini, dari awal in rainbows keluar (2007)

    dan anda benar2 selalu berhasil membuat saya bergidik kagum dan tersenyum penuh kemenangan.
    setiap tulisan yang dibuat, anda benar2 bagaikan orang yang mengerti hati fans setiap band yang anda tulis.

    terimakasih telah membagi rasa yang sama, hidup adalah musik.

    • 4 David Wahyu Hidayat
      Maret 4, 2011 pukul 7:09 am

      Emil, thanks buat apresiasinya terhadap blog ini. Senang mendengar ada orang – orang di luar sana yang punya perasaan yg sama terhadap musik, hidup memang adalah musik🙂 Minjem kata-kata di sleeve note best of-nya joy division: “because if life is not worth living songs are not worth singing”, dan itu bener😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Januari 2011
S S R K J S M
« Okt   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: