29
Mei
10

Album Review: Doves – The Places Between, The Best Of Doves

Doves

The Places Between: The Best Of Doves

Heavenly Records – 2010

Satu dekade, 4 album, dua di antaranya pernah tercatat sebagai album terlaris di Britania Raya, puluhan lagu epik penyelamat jiwa; adalah jejak rekam sebuah band yang pantas untuk mengeluarkan sebuah album “Best Of”. Bila band itu bernama Doves, hal tersebut adalah sesuatu yang istimewa, karena itu seakan adalah sebuah pernyataan, bahwa band yang tadinya mungkin sama sekali tidak pernah diperhitungkan dapat menjadi sesukses mereka. Sebuah fakta yang relatif aneh, karena sebenarnya bila studio musik mereka tidak pernah habis terbakar, mungkin mereka akan meneruskan karirnya sebagai band bernama Sub Sub dengan dance hit berjudul “Ain’t No Love (Ain’t No Use)”, dan Doves tidak akan pernah ada. Untungnya bagi kita semua, terbakarnya studio Sub Sub itu, membuat trio yang membentuk band tersebut: Jimi Goodwin bersama si kembar Jez & Andy Williams memutuskan untuk membuka bab baru dalam hidup permusikan mereka, dan membaptis ulang diri mereka dengan nama Doves.

Koleksi lagu – lagu terbaik Doves ini, mempresentasikan arti musik dari Doves sendiri. Dibuka dengan perayaan seperti karnival dalam “There Goes The Fear” disambung dengan kedasyhatan “Black And White Town” yang menggambarkan kefrustasian kehidupan suburban dan usaha lari darinya, koleksi ini telah diawali dengan keperkasaan yang kita kenal dari Doves. Bila di karya-karya awal yang terekam dalam “Lost Souls”,  mereka terdengar seakan adalah sebersit sinar dalam sebuah kegelapan, seperti dalam keepikan “Cedar Room” dan melankoli “The Man Who Told Everything”, dalam lagu-lagu seperti “Snowden”, atau “Here It Comes” seperti ada alur Motown-eske yang dapat kita dengar di sana, lalu dalam “Kingdom Of Rust” mereka seperti sedang dalam candu musik italowestern yang fenomenal. Untuk itulah kita mencintai Doves, karena kecemerlangan mereka memadukan banyak unsur musik sambil tetap mempertahankan sisi orisinal mereka.

“Andalucia” single baru yang masuk ke dalam koleksi ini adalah penerus tradisi lagu-lagu yang kita kenal dari Doves, dengan melodi yang menagih menghiasi alam bawah sadar seperti yang sudah kita dengar sebelumnya dalam “Pounding” ataupun “Catch The Sun”.

Dalam edisi deluxe dari koleksi ini, kita dimanjakan dengan koleksi B-Sides yang tidak kalah perkasanya dengan hits-hits Doves lainnya. “Blue Water” adalah bubuk narkosis yang membuat kita melayang dalam hamparan mimpi yang tak pernah putus, begitu juga dengan “Eleven Miles Out”. Kegelapan “Darker” yang pernah menghiasi musik latar petualangan Jack Bauer di episode kedua season pertama “24” mengirimkan pesan akan musik berbahaya yang akan mengancam ketenangan otak kita. Lalu “The Drifter” terdengar seperti perjalanan mejemput cahaya yang mensirnakan segala keresahan.

Buat mereka yang tidak pernah mengenal Doves selama 10 tahun belakangan, koleksi ini akan menyadarkan mereka akan keperkasaan Doves. Buat mereka yang sudah mengenalnya sejak mendengarkan “Here It Comes” pertama kali di sebuah musim dingin yang kelam, dan mendapatkan harapan waktu mendengarkan mereka bernyanyi “Here it comes my times in the sun…This is the time to stare at the skies in wonder”, album ini adalah bukti kemagisan Doves yang tidak akan lenyap dimakan peperangan melawan waktu, peperangan yang tidak akan pernah kita menangi sendirian, tapi dengan musik seperti yang dihantarkan Doves, ada setitik harapan di hari berikutnya yang akan kita jalani.

David Wahyu Hidayat


1 Response to “Album Review: Doves – The Places Between, The Best Of Doves”


  1. Juni 1, 2010 pukul 8:58 pm

    review yang mendalam..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Mei 2010
S S R K J S M
« Mar   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: