21
Feb
10

Album Review: Vampire Weekend – Contra

Vampire Weekend

Contra

XL Recordings – 2010

Bayangkan kalian ada di Long Beach, New York. Duduk dengan tenang menikmati tenggelamnya mentari sambil mereguk Horchata. Awan kemerahan yang terbersit di ufuk sana beradu kecantikan dengan gadis – gadis yang berlalu-lalang di country club tempat kalian berada, yang dengan polo shirt dan aksen california english-nya menebarkan wangi yang memabukkan indra. Di sebuah meja, tergeletak sebuah surat kabar yang memberitakan bahwa di front perang terpanas planet ini, mereka yang berperang telah menyerahkan pistol mereka, berdamai demi kita semua. Bila kita mendapatkan kesempatan berada dalam waktu dan tempat semacam itu, maka itu adalah liburan paling sempurna yang pernah ada.

Imaji di atas adalah bayangan paling mendekati untuk mendeskripsikan album kedua Vampire Weekend yang diberi judul “Contra”. Bila di album pertama, mereka memperkenalkan kepada dunia bahwa musik dengan afrobeat dapat menjadi sesuatu yang paling hip di planet indie ini, maka di album kedua ini, mereka menyempurnakannya konsep tersebut dengan sangat optimal.

Masih setia dengan preppy look mereka, di album ini Vampire Weekend menfiturkan track-track yang terdengar lebih manis dan penuh daripada debut album mereka. Track pertamanya “Horchata” membawa kita langsung kepada bayangan akan liburan yang selalu ada di dalam kepala kita, dengan beat beat etnisnya yang seringkali terdengar menggelitik. Kalau dipikir sekali lagi, keseluruhan album ini seperti bertemakan sebuah liburan paling sempurna yang selalu diidamkan setiap orang.

Suasana liburan itu lalu ditangkap dengan sempurna dalam “Holiday”, bunyi gitar yang tidak lazim itu, setengah seperti rhodes setengah seperti gitar memicu hasrat yang sangat untuk menenggelamkan kepala kita kepada khayalan yang jauh dari rutinitas sehari-hari. Lagu yang mengikuti setelahnya “California English” dengan suara vokal latar yang halus mengiringi, dan sekali lagi penyempurnaan afrobeat ciri khas Vampire Weekend, menyegarkan bayangan kita untuk lepas dari kepenatan kota yang makin hari makin membusuk.

“Contra” mencapai puncaknya dalam 3 lagu yang disusun beriringan dalam “Run”, “Cousins” dan “Giving Up The Gun”. Dalam “Run” Ezra Koenig bercerita tentang kenihilan dunia pekejaan waktu menyanyikan “Every dollar counts/Every morning hurts/We mostly work to live/Until We live to Work”, bait pertama lagu itu terdengar menfrustasikan di tengah buaian melodi lagu itu sendiri, sampai semuanya mencapai artinya waktu ia menyanyikan “It struck me that the two of us could run” disusul oleh lantunan suara keyboard yang tidak akan pernah bisa lagi dikeluarkan dari kepala, karena menebarkan candu musikalis yang tidak ada penangkalnya.

Salah satu yang patut dipuji dari Vampire Weekend adalah keberanian mereka melempar “Cousins” sebagai single pertama dari album ini. Teriakan ala monyet Koenig waktu mengawali lagu ini, hanya salah satu dari keunikan lagu ini. Dengan tekstur lagunya yang cepat, tidak menjelaskan apakah ini usaha Vampire Weekend memainkan punk atau ini bentuk kecerdasan mereka bermusik, yang jelas ini adalah bukti bahwa mereka tidak takut untuk merambah teritori baru. “Giving Up The Gun” menampilkan perasaan yang sama seperti “Run” tapi kali ini dengan tambahan bumbu yang membuat kita tidak ingin lagi melihat awan mendung menaungi kepala kita.

Waktu nada-nada terakhir dari “I Think Ur A Contra” masih mendenting di telinga kita, matahari sebentar lagi tenggelam sepenuhnya digantikan langit pekat bertaburan bintang. Gadis – gadis wangi ber-polo-shirt itu masih saja berkeliaran di sekeliling kita, mata kita terpejam, tidak ingin semuanya berakhir, karena ini adalah kenyamanan yang sempurna. Kita berharap agar waktu ini tidak pernah usai, dan dengan harapan yang sama kita membuka keindahan hari berikutnya.

David Wahyu Hidayat


1 Response to “Album Review: Vampire Weekend – Contra”



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Februari 2010
S S R K J S M
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Categories

Blog Stats

  • 137,356 hits

%d blogger menyukai ini: