08
Nov
09

Album Review: Editors – In This Light And On This Evening

Inthislightonthisevening

Editors

In This Light And On This Evening

Kitchenware Records – 2009

Di beberapa saat dalam kehidupan, di antara rentang waktu yang singkat dalam lindungan cahaya dan redupnya malam, dalam momen yang terlalu jarang datang itu, kita pernah merasa semuanya adalah benar dan berada di tempatnya.

Itulah yang dirasakan waktu mendengar album terbaru Editors “In This Light And On This Evening”. Dari lagu pertamanya yang berjudul sama, mereka sudah menebarkan rasa bahwa dalam kekelaman ada sesuatu yang indah. Tom Smith bernyanyi tentang London yang telah menjadi hal terbaik yang pernah dilihatnya. Dalam kekacauan dan keterpurukan yang berbeda kita merasakan hal yang sama dengan kota ini, diiringi oleh bersatunya semua instrumen yang menendang kegalauan kita menjelang akhir lagu.

 

Sejak awal, album ini sangat dirasakan adalah sebuah album tentang lanskap kota yang menyorot keindahan dalam keburukannya. Untuk melakukan itu, album ketiga Editors ini mencoba menambah lanksap musik mereka dengan mempertebal lapisan instrumen yang dimainkan dengan sampling dan synth, seperti yang ada di lagu kedua “Bricks And Mortar”. Lagu ketiga “Papillon” memperjelas itu, dengan intro kibor yang menghanyutkan, di atasnya Tom Smith bernyanyi dengan galau “Make our escape, you’re my own papillon/The world turns too fast, feel love before it’s gone”.

 

Dari awal karirnya Editors selalu harus berada di bawah kritikan mereka hanya meniru Joy Division lalu Interpol, dan dengan karakter suara Tom Smith yang seperti itu, sangat sulit untuk tidak melekatkan cap tersebut pada diri mereka. Tapi mereka telah membuat sesuatu yang patut diperhitungkan pada album kedua mereka, yang membuat kita kemudian berpikir mereka telah mencoba dan berhasil keluar dari bayang-bayang tersebut. Kebesaran Editors itu, kembali dapat kita dengar dalam lagu “The Boxers”. Memulai pelan, dengan perpaduan sample, bass, ketukan drum yang polanya seperti metronom yang lupa untuk dihentikan serta lapisan kibor yang menghipnotis, lagu ini kemudian menaikkan atmosfirnya dalam lantunan Tom Smith waktu menyanyikan “Damn this place, makes a boy out of me..”, tak lama kemudian sebelum memasuki refrain kedua ia menghembuskan nafasnya, sebelum suara kibor itu menghipnotis kita kembali. Lagu ini adalah yang terbaik di album ini.

 

“Like Treasure” meneruskan album itu, dengan tempo yang lebih cepat dari “The Boxers”, lagu itu seakan memaparkan kota yang kita tinggali di depan mata kita, dengan segala cahayanya yang menyilaukan, kadang mempesonakan, kadang menipu kita untuk terjatuh di bawahnya. “Eat Raw Meat = Blood Drool” menfiturkan suara industrial yang mengepung kita membuat kesesakan seakan harus berjuang untuk menghirup tarikan nafas berikutnya. Album itu kemudian diakhiri “Walk The Fleet Road” dengan sebuah himne yang memberikan kebebasan.

 

Dengan hanya sembilan lagu, album ini terasa pendek, tapi durasi yang singkat ini membuka jalan untuk Editors dalam mengeksplor diri mereka lebih jauh lagi. Di sini mereka tidak takut untuk menambah lapisan musik mereka lebih lebar dan lebih dalam lagi. “In This Light And On This Evening” mungkin bukan karya terbaik yang pernah dihasilkan Editors, tapi sebagai sebuah album yang ingin menangkap atmosfir kegalauan malam yang menenangkan, mereka telah berhasil memberikan kita paradoks tersebut. Dan dalam mendengarkannya, seperti yang telah disebutkan di awal tulisan ini, untuk sesaat, semuanya itu terasa benar dan pada tempatnya.

 

David Wahyu Hidayat


0 Responses to “Album Review: Editors – In This Light And On This Evening”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: