17
Mar
09

Album Review: U2 – No Line On The Horizon

nolineu2promo

U2

No Line On The Horizon

Universal 2009

“Have we gooottt the job baaaccckkk???” teriak Bono dengan lantang di atas panggung berbentuk hati tersebut, ketika bandnya U2 mengelilingi dunia untuk melamar pekerjaannya kembali sebagai band terbaik di dunia ini dengan merilis album “All That You Can’t Leave Behind”. Pekerjaan yang sempat terampas dari mereka sewaktu menjalani era elektronik yang meskipun mengagumkan sering salah dimengerti orang dengan merilis “Pop”. Di tur tersebut, mereka dengan tanpa bisa diperdebatkan merebutnya kembali, tanpa keraguan dan dengan pertunjukkan yang sangat bombastis.

Terlepas dari perdebatan antara cool atau tidaknya Bono berdiskusi dengan Bush tentang hutang negara-negara miskin, U2 akan selalu menjadi sebuah sensasi secara musikalis. Mereka selalu tahu cara yang paling ampuh untuk mengagumkan kita semua, dan cara yang paling tepat untuk melakukan itu, adalah melalui musik yang mereka mainkan.

Setelah absen selama hampir 4 tahun sejak merilis “How To Dismantle An Atomic Bomb”, single yang menandakan kembalinya mereka “Get On Your Boots” adalah sebuah pernyataan akan segala kebesaran yang dimiliki U2. Riff antemik seperti layaknya Jimmy Page beradu gitar dengan Jack White dipadu dengan hantaman bas paling jorok seorang John Entwistle dimainkan oleh The Edge dan Adam Clayton diawal lagu tersebut. Di atas segalanya, suara majestik Bono menghempaskan kita semua, sembari mencumbu nakal menyanyikan kalau masa depan membutuhkan sebuah ciuman yang megah.

Dari awal sampai akhir, “No Line On The Horizon” adalah sebuah album yang mengalir. Dimulai dari bunyi pertama dalam “No Line On The Horizon” yang kental dengan tandatangan tiga produser kunci kesuksesan U2; Brian Eno, Steve Lillywhite dan Daniel Lanois mereka mungkin telah menelurkan sebuah album yang di satu sisi terkesan bermain aman, di sisi lain album ini mempersatukan kita kembali dengan kepingan – kepingan suara yang menjadikan U2 besar.

“Moment Of Surrender” nomor pelan yang berdurasikan lebih dari 7 menit hampir menyerupai seperti lagu gospel, menfiturkan seorang Bono yang meraung dengan tenang “We were barely conscious, two souls too smart to be in the realm of reality”. Lagu tersebut lalu diikuti dengan “Unknown Caller” di mana The Edge tanpa terduga, memainkan sebuah solo gitar betulan, yang menjadi sebuah momen kejutan dalam album ini.

“I’ll Go Crazy, If I Don’t Go Crazy Tonight” adalah sebuah permainan kata yang cerdas, sebuah lagu pop murni, yang bisa terbayangkan akan sangat digilai di saat tur stadium U2 mencapai puncaknya di musim panas 2009 ini. “Stand Up Comedy” mengikuti suasana dari “Get On Your Boots” dengan lugas. Permainan gitar khas The Edge yang mencumbu suasana hati, dan suara bas Clayton yang terdirtorsi ringan melalap telinga kita dengan hiasan ritem, dan Bono tak pelak lagi membuat lagu ini sebagai salah satu sentral album ini, bernyanyi setengah teriak setengah melengking “Soul rockin’ people movin on, come on you people stand up for your love”.

Dengan album seperti ini, U2 tidak akan mungkin kehilangan pekerjaan mereka sebagai band terbesar di dunia ini. Kita pun tidak akan rela membiarkan band lain merebutnya dari mereka. U2 adalah penyelamat kita. Seberapa kuat usaha Bono, memproklamirkan agenda politiknya kepada pemimpin dunia ini, pada akhirnya bukan itu yang akan menyelamatkan kita dari krisis. Pada akhirnya musik mereka yang akan menyelamatkan kita. Musik seperti yang tertera dalam “No Line On The Horizon”, musik yang akan menjeritkan keputusasaan kita dan menorehkan harapan baru di garis horizon.

David Wahyu Hidayat


1 Response to “Album Review: U2 – No Line On The Horizon”



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: