07
Jun
08

Album Review: OK Karaoke – Sail Off The Storm

OK Karaoke

Sail Off The Storm

Reservoir Records – 2008

“Semua akan kembali ke dalam terang…siang, terlalu lama menjadi malam, lepaskanlah, lepaskanlah semua takutmu, bebaskanlah, bebaskanlah…” kata-kata itu membuka awal sebuah EP yang boleh dibilang sebuah pencerahan, sebuah pembebasan dalam hidup yang seringkali tidak berjalan sesuai dengan arahnya. Dipeluk oleh melodi gitar yang dengan sekejap menaikkan kadar hormon kebahagiaan di diri kita, lagu yang berjudul “Kembali Ke Dalam Terang” tersebut, datang dari Semarang, dihantarkan oleh lima sosok menjanjikan bernama OK Karaoke.

Pertengahan bulan Mei lalu, OK Karaoke merilis bukti musikalis pertama mereka dalam sebuah EP berisikan 6 lagu yang dinamai “Sail Off The Storm”. EP ini menyampaikan pesan musikalis OK Karaoke dengan sangat gamblang. Ini adalah sebuah EP yang harus dinikmati dengan hangatnya sinar matahari pagi sambil tersenyum lebar, karena tidak ada satu kesedihan pun yang dapat menghalangi keindahan jalannya melodi yang terpatri di EP tersebut.

“Calf – Love” yang menjadi lagu kedua dalam EP tersebut, mengirimkan nostalgia akan manisnya tahun 90-an, di tengah bunyi jangle gitar yang menenangkan dan betapa kita ingat, kalau kita tidak peduli terhadap sekitar waktu itu, hanya saat ini yang berarti, tidak ada yang lain. “Milky Way” meneruskan pesan itu. Lagu yang sempat tersebar di salah satu situs musik indie ternama tanah air ini, cocok untuk dijadikan soundtrack musim panas 2008 ini, dengan petikan gitar kontinu yang memompa keluar segala keresahan kita.

Musik OK Karaoke seakan ingin memberikan pesan bahwa kita tidak dapat menyerah kepada kepasrahan dan kebuntuan, ini bahkan tertangkap dalam “Bermuda”, sebuah lagu yang terasa lebih kelam dari track lainnya di EP ini, tapi ketika kita mendengarkannya kekelaman itu seperti kemudian terhapus oleh apa yang disebut dengan harapan. Musik OK Karaoke sesederhana itu, ia memberikan harapan, dan untuk itu seharusnya musik diciptakan. Irama jingle-jangle gitar di “Royal Ambassador Mistress” memberikan kesejukan tidak hanya di kuping mereka yang mendengarnya tapi juga dalam skena musik indie tanah air. Seperti kuping ini tidak mempercayai kalau musik seperti ini datang dari Semarang yang berjarak ribuan kilometer jauhnya dari Britania Raya.

OK Karaoke memberikan harapan, dan mereka mengajak kita untuk mempunyai hal yang sama. “Time will spread my soul, you will follow me, always count on me, the sky was just made for me, thru’ horizon regret your soul, if you’re not me”. Jika ini bukan ajakan untuk menggapai langit, apalagi yang akan kita tunggu? Apakah kalian sudah OK, Karaoke?

David Wahyu Hidayat


3 Responses to “Album Review: OK Karaoke – Sail Off The Storm”


  1. 1 ed.
    November 19, 2008 pukul 8:54 am

    ada 3 band Yg gw suKu dan cinta Bgd,mereka adalah penyelamat musik Indonesia

    Pure Saturday
    Efek Rumah Kaca
    Ok Karaoke

    briliant!!!

  2. 2 fian
    Mei 25, 2009 pukul 12:40 am

    baru lihat band yang ini,soundnya mengingatkan ku pada pure saturday……yang jelas tidak sama he he he
    oya mau nanya dimana tuh bisa beli cd nya??

  3. 3 David Wahyu Hidayat
    Mei 25, 2009 pukul 10:07 pm

    @fian, menurut myspace-nya OK Karaoke (http://www.myspace.com/karaokeok), CD-nya bisa dibeli di tempat-tempat berikut ini. (G sendiri waktu itu belinya di Nanonine, Tebet):

    OK Karaoke “Sail Off The Storm”

    IN STORE NOW!

    SEMARANG
    *DISTRICTSIDES
    *INDIGO
    *ABOVE
    *MOSH! MAGAZINE

    JAKARTA
    *BLOOP
    *ONEWAY
    *NANONINE
    *NOINBRAND
    *RACERKIDS
    *HEY FOLKS
    *CROOZ CLOTH
    *WE ARE MUSIC

    BANDUNG
    *MONIK
    *SCREAMOUS

    JOGJA
    *SLACKERS

    BEKASI
    *SUICIDE ANTHEM

    DEPOK
    *SPINSHOP
    *RESPECT LINES

    BOGOR
    *IDE GILA
    *DOUBLE HEAD

    SUKABUMI
    *BLACK HOUSE

    CIANJUR
    *HARMONY


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: