07
Nov
07

Album Review: The Coral – The Invisible Invasion

theinvisibleinvasion.jpg

The Coral
The Invisible Invasion
Deltasonic – 2005

Musik terkadang dapat menyampaikan sebuah pesan pada seorang manusia, yang hanya berfungsi ketika seseorang berada dalam perasaan, situasi dan musim tertentu. Album terbaru “clique” asal Hoylake, Liverpool ini adalah salah satu musik yang dapat dimasukkan dalam kategori di atas. Musim yang dimaksud adalah musim panas, perasaan yang dimaksud adalah perasaan ditinggalkan seseorang dan meninggalkan sebuah tempat, situasi yang dimaksud adalah saatnya membuat perubahan untuk memulai sesuatu yang baru.

Sejak debut album mereka, The Coral telah berada di pop universum yang berbeda dibanding band-band lainnya. Mereka seperti selalu berada di tahun 60-an, selalu meminum kapsul mesin waktu yang membawa mereka berada terus di “summer of love”. Dan yang mengherankan, mereka melakukannya dengan sangat baik. Terlepas dari mini album mereka tahun lalu (“Nightfreaks and the sons of becker), The Coral selalu menghasilkan pop-nostalgie yang indah, yang membawa kita seperti seorang “scouse” yang sedang mendengarkan koleksi piringan hitam ayah kita sambil menikmati teh bersama Bill Shankly.

Dibuka dengan “She sings the mourning” dan dilanjutkan dengan “So long Ago”, “The Invisible Invasion” langsung mengantarkan kita kepada “vibe” tahun 60-an yang sangat authentik. Terutama dalam “So long ago” yang memadukan petikan gitar dengan melodi manis, menjadikan lagu ketiga di album ini sebagai salah satu nomor terbaik yang pernah dimainkan The Coral.

“A warning to the curious” adalah lagu untuk sesorang yang tidak percaya lagi akan cinta. James Skelly dengan malas menyanyi “Its better not to be in love, than to be in between…..If I never had you, than I wouldn’t feel the way I do now”. Alunan gitar yang mendayu-dayu mengiringi perasaan seseorang yang sedang muak dengan dicintai dan mencintai. Sebaliknya dalam “Something inside of me” Skelly seperti menemukan kembali indahnya sebuah cinta. Kemalasan dan kemuakan yang terdengar di “A warning to the curious” berubah menjadi sebuah lantunan optimismus, tentang seseorang ia inginkan, dan melupakan mereka yang telah berlalu “There’s something inside of me, feels like I’ll be wanting you forever….when there’s something inside of me, and now I can’t look back”.

Optimispus pula yang mereka ingin sampaikan dalam “In the morning”. Sebuah nomor pop indah dengan lantunan “glockenspiel” mengiringi Skelly yang sedang bernyanyi “Out of the dark into the light, when the morning comes I will be alright”. Percuma menyesalkan apa yang telah terjadi, karena itu semua sudah terjadi dan tidak dapat dirubah. Yang berarti adalah semua yang ada di depan kita, yang masih bisa diusahakan dengan tangan kita sendiri. Optimismus ini mengantarkan kita pada pesan ketiga di album ini yaitu pergi dan meninggalkan suatu tempat untuk memulai sesuatu yang baru. “I’m leaving today, to much time’s already wasted…they’re only sorrows until tomorrow, I’m leaving today” lantun Skelly di “Leaving today”, yang akan membuat kita tidak akan pernah menengok ke belakang, ketika kita mengendarai mobil kita meninggalkan sebuah kota menuju tujuan yang kita cintai, mengikuti cerahnya pancaran sinar mentari.

Ini adalah album untuk kembali menemukan kembali arti hidup di setiap orang, setelah mengalami kepenatan yang terjadi di masa lalu. Album untuk melupakan kesesalan dan menemukan kembali artinya cinta. Album untuk meninggalkan dan mendapatkan kembali kedamaian di hidup setiap orang. The Invisible Invasion.

David Wahyu Hidayat


0 Responses to “Album Review: The Coral – The Invisible Invasion”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2007
S S R K J S M
    Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: