07
Nov
07

Album Review: The Coral – Roots & Echoes

the-coral-roots-and-echoes.jpg

The Coral
Roots & Echoes
Deltasonic – 2007


Anfield, di sebuah sabtu sore. 2 orang fans si merah mencoba membunuh waktu sebelum pertandingan dimulai dengan membicarakan betapa mereka mencintai salah satu lagu dari sebuah band lokal bernama The Coral. Sebegitu antusiasnya mereka menunggu wasit meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan, sebegitu berapi-apinya juga mereka memuja band tersebut. Seorang pemuda yang berdiri tepat di sebelah mereka, hanya tersenyum simpul sepanjang pembicaraan itu terjadi. Pemuda itu adalah James Skelly, vokalis dari band yang dibicarakan kedua fans tersebut.

Dengan 4 top 5 album dan 8 top 40 singles di Britannia Raya, James Skelly dan seluruh personil The Coral lainnya masih dapat menikmati luksus bernama keanoniman yang membolehkan mereka berlaku normal seperti orang lainnya, seperti menonton kesebelasan favoritnya tanpa harus takut dikenali dan diusik siapapun. Tapi keanoniman tidak membuat mereka berhenti dipuja secara diam-diam, bahkan dari seorang Noel Gallagher sekalipun. Sebegitu terkesimanya “The Godfather of Britpop” itu akan The Coral, sehingga ia rela meminjamkan studionya tanpa bayaran sepeser pun, agar keenam anak muda yang terlalu banyak mendengarkan koleksi rekaman dari era ayah mereka dengan asap ganja yang mengepul, untuk membuat album kelima mereka “Roots & Echoes”.

Dan hasilnya sama sekali tidak mengecewakan. Kumpulan sebelas lagu yang ada di album tersebut, melanjutkan tradisi The Coral mengirimkan melodi – melodi “Sea Shanty” yang memabukkan tanpa batas waktu yang menghalangi. Album ini seperti juga album The Coral lainnya berfungsi seperti sebuah mesin waktu untuk kembali ke tahun 60-an, bahkan sampul depan album tersebut berkesan seperti sebuah kiriman dari masa lalu. Klasik.

“Who’s Gonna Find Me” yang dipilih sebagai single pertama dan pembuka album ini, memberikan warna “Northern Soul” yang cukup kental, dan bukan tidak mungkin suatu waktu nanti, lagu ini akan menjadi penghias “footage” gol-gol indah Liverpool di musim ini. “Put Your Sun Back” dan single kedua mereka “Jaqueline” adalah nomor-nomor khas The Coral dengan vokal indah James Skelly yang membius nalar. Di lagu yang disebutkan terakhir, The Coral seperti membuktikan diri mengapa band yang seperti berada di jaman yang salah, mampu menjual hasil rekaman sebanyak yang mereka jual. Karena “Jaqueline” adalah sebuah lagu pop sederhana berdurasi tiga setengah menit yang akan membuat kita bersenandung tanpa sengaja di pagi hari ketika kita akan berangkat ke kantor. Sesederhana itu. Pop dalam wujud yang seharusnya.

Beberapa lagu dalam “Roots & Echoes” seperti “Cobwebs” dengan gitarnya yang tertawa riang atau “Rebecca You” dengan melodinya yang menenangkan berfungsi seperti sebuah obat yang ampuh untuk keresahan jiwa. Sementara di lagu seperti “In The Rain” yang bertempo lebih cepat daripada kebanyakan lagu di album ini, yang terasa adalah kebalikannya. Dengan menyanyikan “I am stranger in this life, haunted by yesterday desires”, Skelly seperti memberikan suara kepada pendengarnya tentang kegusaran hidup yang dialaminya. Di tengah umurnya yang baru 26 itu, ia tidak berusaha memberikan jawaban, ia hanya melakukan apa yang terbaik ia lakukan, memberikan musik untuk mengusir kegalauannya itu.

The Coral tidak berusaha mendefinisikan baru musik mereka di “Roots & Echoes”. Mereka bermain dalam keabadian nada mereka, berusaha untuk menjadi seklasik mungkin tanpa harus meninggalkan sentuhan pop yang mereka miliki, dan disengaja atau tidak, seiring dengan seringnya kita mendengarkan album tersebut, nada-nada tersebut lambat laun akan berakar dan menggaung dalam diri kita, mencoba untuk berkata-kata, menembus jiwa.

David Wahyu Hidayat


0 Responses to “Album Review: The Coral – Roots & Echoes”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2007
S S R K J S M
    Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: