04
Nov
07

Album Review: Ride – Nowhere

nowhereridecover.jpg

Ride
Nowhere
Sire – 1990

Kalau ada sebuah album yang bisa mendeskripsikan dengan sangat jelas apakah artinya sebuah musik Indies, itu ialah Nowhere dari Ride. Sebagai salah satu perintis aliran “Shoegazer” di Inggris pada awal tahun 90-an, kuartet dari Oxford ini menawarkan permainan bas yang melodis, diiringi dengan distorsi serta melodi yang damai, dipadu dengan suara vokal yang terdengar seperti sang vokalis hendak menyeret suaranya, mengajak kita semua untuk ikut bermimpi dengannya.

Dan memang kalau mendengar keseluruhan album ini, yang kadang lagu-lagunya bertempo cepat, kadang lambat, kita seperti sedang membayangkan akan sesuatu yang indah yang akan terjadi di hidup kita. Tentang keadaan bahagia yang membawa kita selalu tertawa baik dalam tidur ataupun bila kita sedang terjaga, seperti dalam “A different Place”. Atau bila mendengar “Vapour Trail”, kita seperti dibawa mengambang, segala sesuatu yang berada di belakang terasa tidak ada artinya, dan kita belum mengetahui apa yang akan terjadi esok hari, tapi itu terasa tidak berarti, karena yang peting ialah saat ini di mana kita hanya menikmati kehidupan yang kita punya.

Perasaan seperti itulah yang berhasil disampaikan Ride di debut album mereka. Musik mereka menjadi satu, suara distorsi gitar tidak terdengar bising karena dipadu dengan melodi yang lembut, semua satu kesatuan, saling melengkapi, mengiringi jalan kita meninggalkan masa lalu dan membuat sedikit manis kehidupan yang belum jelas arahnya.

David Wahyu Hidayat


0 Responses to “Album Review: Ride – Nowhere”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2007
S S R K J S M
    Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Categories

Blog Stats

  • 137,356 hits

%d blogger menyukai ini: