04
Nov
07

Album Review: Radiohead – Kid A

radioheadkidaalbumart.jpg

Radiohead
Kid A
Parlophone/EMI – 2000

Saat semua orang menunggu album penerus OK Computer yang di kalangan para kritikus dipuji sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa, Radiohead mengeluarkan sebuah album yang lain sama sekali isinya dengan pendahulunya.

Kid A, adalah sebuah album eksperimen dari Radiohead, di keseluruhan album ini hampir tidak ada suara gitarnya sama sekali yang menjadi ciri khas Radiohead di album mereka sebelumnya. Gitar diganti dengan lantunan alat musik tiup seperti pada “The National Anthem”, atau sample musik elektronik pada “Idioteque” (Radiohead goes dancing?). Anehnya walaupun begitu, dan tanpa mengeluarkan single satu pun, Kid A melejit memuncaki album chart di Amerika.

Masihkah ada tempat untuk musik seperti ini di Mainstream? Yang jelas, untuk menemukan segi keindahannya, Kid A harus didengarkan paling tidak 6-7 kali, dan baru kita akan mengerti mengapa mereka tidak membuat album yang mirip dengan OK Computer. Walaupun begitu lagu seperti “Everything in its right place”, “Optimistic”, “How to disappear completely” dan “Idioteque” sekalipun, merupakan nomor yang memang sudah menjadi ciri khas Radiohead. Tidak terbayang ada artis lain yang bisa membuat lagu-lagu semacam itu selain mereka. Usaha mereka di sini patut diacungkan jempol, karena di album inilah orang masih dapat menemukan sesuatu yang indah walaupun kesan pertamanya sangat rumit, tidak seperti artis lain yang berkata bahwa musik mereka terlalu kelas tinggi untuk dicerna orang lain, padahal kenyataan sebenarnya ialah itu sebuah musik sampah.

David Wahyu Hidayat


1 Response to “Album Review: Radiohead – Kid A”



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2007
S S R K J S M
    Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Categories

Blog Stats

  • 137,446 hits

%d blogger menyukai ini: