04
Nov
07

Album Review: Radiohead – Amnesiac

radioheadamnesiacalbumart.jpg

Radiohead
Amnesiac
Parlophone/EMI – 2001

Direkam di session yang sama dengan Kid A, Amnesiac seperti hendak melengkapi apa yang sudah dirintisnya. Seperti yang Thom Yorke katakan, “Amnesiac seperti senjata rahasia yang orang lain tidak punya, mengejutkan, karena kita punya satu album lagi seperti ini”.

Hubungan antara kedua album ini begitu terasa. Lihat saja contohnya “Packt Like Sardines In A Crushd Tin Box” yang melengkapi “Idioteque” dari Kid A, atau percobaan mereka untuk merekam kembali “Morning Bell” dari sisi pandang yang lain. Walaupun begitu, fans Radiohead yang mendambakan kembali adanya sebuah album dengan sound gitar yang paling tidak sejak “The Bends” menjadi kekuatan mereka, boleh bernafas lega, karena di album ini ada “I might be wrong” yang paling tidak mengembalikan ingatan kita di masa sebelum Kid A.

Lalu ada “Knives Out” yang seperti diakui oleh Thom Yorke ialah tribute mereka kepada The Smiths. Ed O´ Brian (gitaris), memperdengarkan lagu itu kepada ex-gitaris The Smiths Johnny Marr, dan ia menyukainya. Nada-nada yang miring pada lagu itu, sengaja mereka lakukan untuk menimbulkan kebingungan di pihak pendengar.

Di album ini, Thom Yorke seperti sedang menemukan kesenangan barunya memainkan piano, seperti terdengar dalam “Pyramid Song” dan “You and Whose Army” yang berkesan gelap dan penuh misteri. Boleh penasaran apa yang akan dilakukan Radiohead di album selanjutnya, karena sejak Kid A mereka tidak dapat ditebak, dan selalu dapat menimbulkan kejutan yang menarik.

David Wahyu Hidayat


0 Responses to “Album Review: Radiohead – Amnesiac”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2007
S S R K J S M
    Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Categories

Blog Stats

  • 137,356 hits

%d blogger menyukai ini: